Senin, 27 Oktober 2014

KARIMUNJAWA

Tulisan pada gapura inilah yang akan kita dapati sewaktu pertama kali menginjakkan kaki di dermaga kapal feri kecamatan Karimunjawa kabupaten Jepara. Pada waktu kunjungan saya disana untuk yang kesekian kalinya, tepatnya pada liburan 1 suro tanggal 25 oktober 2014.Awalnya keinginan saya adalah ingin memancing ikan tetapi ternyata rencana tersebut berubah setelah saya tiba disalah satu obyek wisata terbaru yaitu tanjung gelam. Di tempat tersebut ternyata pada waktu sore penuh dengan turis - turis dari luar negeri yang asyik berjemur dan menikmati matahari tenggelam di sana.
Sewaktu berenang disana  saya dipinjami alat snorkling milik teman saya yang asli orang pribumi bernama Pak Sabar. Sewaktu memakai alat snorkling tersebut ternyata luar biasa bisa melihat keindahan bawah laut di daerah tanjung gelam, padahal hanya di pinggir-pinggir pantai saja. Pantas banyak turis asing yang banyak berdatangan kesana untuk menyelam atau sekedar snorkling di spot-spot yang banyak sekali disana seperti di pulau menjangan, nyawakan, cemara dll.
Akan tetapi bagi rekan - rekan yang ingin memancing untuk musimnya yang paling bagus adalah setelah musim angin barat atau menjelang musim barat, itu info yang kami dapat dari para nelayan di wilayah karimunjawa.
Bagi yang menyukai memancing dari darat bisa memancing di beberapa dermaga besar yang ada disana diantaranya :

Pelabuhan Gon Bajak
ini pelabuhan disebelah timur Karimunjawa tempat berlabuh kapal terutama tongkang, cantrang dll.

Pelabuhan perintis disebelah barat alun-alun

Pelabuhan Ferry

Pelabuhan ferry

Gerombolan ikan dan cumi - cumi dibawah dernaga kapal cepat Express Bahari.

Inilah sedikit yang bisa saya sampaikan kalau ada pertanyaan seputar Karimunjawa silahkan mengisi di kolom komentar atau silahkan buktikan sendiri dengan berkunjung ke sana. Untuk jadwal kapal bisa lewat jepara untuk kapal cepat Express Bahari dari jepara - karimunjawa selama kurang lebih 2 jam perjalanan dengan harga tiket Rp 110.000 - Rp 130.000 perorang : Senin jam 09.00 WIB, Selasa jam 09.00 WIB, Kamis Off, Jum'at jam 09.00 WIB, Sabtu jam 10.00 WIB. Untuk rute Karimunjawa - Jepara : Senin jam 12.00 WIB, Rabu jam 09.00 WIB, Sabtu jam 07.00 WIB, Minggu jam 09.00 WIB.
Sedangkan untuk kapal Ferry Siginjai berangkat dari jepara pukul 07.00 WIB sampai ke Karimunjawa pukul 11.30 WIB pada hari Sabtu, Senin, Rabu. Sedangkan dari karimunjawa ke Jepara pukul 07.00 WIB pada hari : Minggu, Selasa, Kamis, dengan harga tiket Rp 44.000.