Senin, 21 Mei 2012

AIR TERJUN SONGGOLANGIT

Songgolangit merupakan sebuah air terjun di kab jepara, kalau tidak salah mungkin masuk kec keling. Dalam bahasa jawa songgolangit berarti menyangga langit, nama ini diberikan karena posisi air terjun yang menjulang vertikal seperti menyangga langit.
Awal mula sampai kesana sih karena rasa penasaran saja karena lihat papan penunjuk arah ke tempat wisata songgolangit yang ada di pinggir jalan raya di kecamatan keling kab jepara. Kemudian setelah tanya pada penduduk setempat jalur mana yang enak dilewati untuk ke songgolangit ternyata saya dikasih tahu yang paling enak lewat desa cepogo, karena lurus jalurnya. Wah, ternyata dari jalan raya Tayu - Jepara masuknya jauh juga ada kurang lebih 15 km dari pertigaan arah desa cepaga. 5 KM pertama aspal goreng mulus, setelah itu jalanan mulai ber lubang sedikit-sedikit dan kasar, tapi masih layah lah untuk dilewati. Memang ada beberapa tanjakan maupun tikungan yang ektrim maklum pegunungan, saran saya kendaraan baik roda empat maupun sepeda motor harus dalam kondisi prima. Medan yang dilewati kebanyakan adalah sawah perkebunan dan lereng pegunungan dengan pemandangan yang masih asri dan alami. Tiket masuk cukup bersahabat cuma Rp 2000 perorang ( saat itu Tgl 17 Mei 2012 ), dan semua kendaraan baik roda dua maupun 4 dapat parkir langsung di lokasi air terjun.
Air terjun tersebut benar-benar alami dengan batu kali sebesar gajah banyak bertebaran disekitar air terjun. Sayang kurang tersedia sarana penunjang seperti tempat duduk pengunjung, adanya larangan untuk mandi di air terjun sedangkan tidak tersedia fasilitas kolam pemandian. Untung anak - anak cukup puas mandi di aliran sungai serta di beberapa air terjun kecil di sekitarnya yang berair cukup jernih, tetapi airnya tak sedingin di air terjun montel di kawasan colo muria.
Tertarik kesana silahkan saja, tetapi sebaiknya sering tanya ke penduduk lokal deh karena selama perjalanan banyak terdapat pertigaan atau perempatan sedangkan rambu-rambu penunjuk arahnya tidak tersedia, hanya di beberapa lokasi saja yang da rambu-rambu penunjuk arah. Dibawah ini ada beberapa foto-foto dari kamera hp sehingga gambar agak kabur maklum hp dah jadul nokia 5700.
air terjun songgolangit

batu - batu besar di sekitar air terjun

pemandangan lereng gunung dalam perjalanan

kupu-kupu kuning bergerombol mencari makan

pemandangan lereng gunung dan kubah masjid

pemandangan cerobong pltu dan laut jawa di kejauhan

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar